≡ Menu

Cara Kirim Aplikasi Antar Andoid Melalui Bluetooth

Pada perangkat Android, Anda bisa berbagi tidak hanya file seperti gambar, suara, video; Anda juga dapat berbagi aplikasi dan juga game yang terinstal pada ponsel atau tablet Anda. Sebuah cara sederhana untuk mengirimkan aplikasi Anda ke perangkat Android lain tanpa harus me-root ponsel android Anda adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Playstore.Pada artikel tutorial android kali ini saya akan mencoba mengulas tentang cara kirim aplikasi antar android melalui bluetooth secara mudah dan ringkas tanpa harus anda melakukan root pada perangkat android anda dengan menggunakan APK extractor.


Untuk mentransfer aplikasi android melalui Bluetooth dapat dilakukan melalui penggunaan dua aplikasi, yaitu; APK extractor dan Bluetooth bawaan ponsel android. Yang dilakukan APK extractor adalah untuk mengubah, mengekstrak dan juga mengompres aplikasi yang akan ditransfer melalui Bluetooth, supaya bisa terinstal di perangkat android yang lainnya (perangkat android lawan).Jadi, aplikasi untuk mentransfer file (dalam hal ini APK extractor) menjadi sangat penting dan diperlukan karena dapat menghemat waktu dan serta mempermudah proses tersebut. saya bisa bilang bahwa APK extractor adalah alat yang digunakan untuk mentransfer yang paling baik dan paling ringan yang dapat digunakan sebagai cara kirim aplikasi antar android melalui bluetooth selain menggunakan astro file manager.

Tutorial singkat dan mudah cara kirim aplikasi antar android melalui bluetooth :


  1. Buka google playstore yang ada di perangkat android anda, lalu ketikkan "APK extractor" di kotak pencarian (tanpa tanda petik). kalau sudah ketemu maka klik pada aplikasi tersebut.Kalau sudah terbuka lalu instal aplikasi tersebut dengan meng-klik "instal".Jika sudah berhasil diinstal maka tutup google playstore dan kemudian kembali ke layar utama android anda (HOME).
  2. Aktifkan bluetooth perangkat android anda dan juga bluetooth perangkat android lawan anda.Cara mengaktifkan bluetooth : buka pengaturan (setting) > pilih wireless and network > bluetooth setting > centang (check) pada pilihan bluetooth.
  3. Buka aplikasi APK extractor yang telah berhasil diinstal tadi > Pilih aplikasi / game yang akan disharing melalui bluetooth.Klik (tap) pada aplikasi tersebut dan tahan beberapa detik sehingga muncul pop up pilihan menu > klik "send" atau "share" > klik pada pilihan "bluetooth".
  4. Tunggu proses pengiriman aplikasi / game selesai.Setelah sudah berhasil 100% ditransfer ke perangkat android yang lain, maka aplikasi tersebut sudah bisa digunakan ( diinstal) di perangkat android penerima.

Demikian artikel dari androidomeida mengenai cara kirim aplikasi antar android melalui bluetooth yang bisa dibilang sangat mudah dan singkat.Semoga informasi tutorial android ini berguna dan bermanfaat bagi semuanya.