≡ Menu

Cara Instal Update Android 5.1 Lollipop Ke Nexus 4 Dengan AOSP Rom

XDA developer dan komite moderator eagleeyetom, telah merilis pembangun awal Android 5.1 Lollipop berdasarkan AOSP untuk smartphone Nexus generasi keempat dengan nama kode Mako. Rilis kustom tanpa modifikasi yang signifikan, sehingga lebih bermanfaat.Namun, tidak diketahui bahwa Google belum merilis file biner untuk Android 5.1 yang menggunakan AOSP ROM Android 5.0.1 ini. Menurut anggota forum yang telah menggunakan ROM, tidak memiliki bug dan sangat halus.Postingan saya kali ini akan mencoba memberikan tutorial manual ini akan menjelaskan Cara Instal Update Android 5.1 Lollipop Ke Nexus 4 Dengan AOSP Rom

Cara Instal Update Android 5.1 Lollipop Ke Nexus 4 Dengan AOSP Rom


Poin-Poin yang penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan Cara Instal Update Android 5.1 Lollipop Ke Nexus 4 Dengan AOSP Rom :

  1. Sebelum mengikuti panduan instalasi, Backup dulu semua data yang penting di ponsel anda dengan menggunakan pemulihan kustom (custom recovery).
  2. Aktifkan USB Debugging di telepon untuk menghubungkannya dengan komputer dan gunakan Android SDK dengan halitu. [Arahkan ke Settings >> About phone. Tap ke "Build Number" beberapa kali sehingga muncul pesan yang mengatakan 'You are now a Developer' . Sekarang, baru aktifkan USB Debugging Mode dengan menavigasi ke Settings >> Developer Options.]
  3. Baterai Nexus 4 Anda harus di atas 80%, isi baterai untuk menghindari power off selama proses yang dapat merusak perangkat.
  4. Ponsel harus sudah di ROOT dengan sistem pemulihan terbaru (recovery system) yang diinstal di atasnya. Selain itu, harus memiliki bootloader yang sudah diunlock. [Karena Panduan di bawah menggunakan recovery TWRP.]
  5. The AOSP 12,1 ROM dalam tahap alpha, oleh karena itu, semua fitur mungkin saja tidak berfungsi dengan baik.
  6. Android 5.1 AOSP ROM bekerja dengan Model D855 LG G3 Eropa saja. Melakukan Flashing ini pada varian yang salah dapat merusakkan perangkat. Oleh karena itu, pastikan nomor model perangkat dengan benar.
  7. Jika perangkat terjebak pada boot animasi Setelah flashing ROM atau jika Anda mengalami booting loop, maka lakukan penghapusan partisi cache dan pembersihan Dalvik cache untuk beberapa kali sebelum melakukan reboot perangkat.
  8. Setelah ROM terinstal, pengguna disarankan untuk memberikan 10 menit ke ROM setelah boot perangkat untuk pertama kalinya untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.

Download file yang dibutuhkan untuk melakukan Cara Instal Update Android 5.1 Lollipop Ke Nexus 4 Dengan AOSP Rom


Bagaimana Cara Instal Update Android 5.1 Lollipop Ke Nexus 4 Dengan AOSP Rom ?


Simak langkah-langkah / tutorial Cara Instal Update Android 5.1 Lollipop Ke Nexus 4 Dengan AOSP Rom di bawah ini :

  1. Hubungkan Nexus 4 ke PC menggunakan kabel USB. Tanpa di ekstrak, pindahkan file yang didownload tadi ke penyimpanan internal ponsel dan ingat lokasinya.
  2. Matikan Nexus 4 dan cabut kabel USB nya.
  3. Boot telepon Anda ke pemulihan kustom (custom recovery). Untuk melakukannya anda cukup menahan tombol Volume atas, Volume bawah dan tombol daya (tombol power on off) bersama-sama. Lepaskan semua tombol tersebut ketika Anda sudah melihat menu Bootloader / fastboot.
  4. Anda juga akan melihat tombol Start pada layar, tekan Volume bawah atau Sampai kepada perubahan teks mulai ke Recovery Mode. Tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi masuk ke Recovery mode.
  5. Dalam recovery mode, lakukan backup Nandroid dengan memilih pilihan backup dan restore.
  6. Lakukan penghapusan data dengan memilih "wipe data/factory reset". Gunakan tombol Power untuk memilih segala sesuatu yang ada dalam modus Pemulihan(Recovery mode)
  7. Lakukan pembersihan cache dengan memilih "wipe cache partition"
  8. Lakukan juga pembersihan / penghapusan cache Dalvik Anda untuk menghindari boot loop atau gagal boot dan kesalahan lainnya. Dari recovery kemudian pergilah ke advanced >> wipe dalvik cache
  9. Kembali ke menu recovery utama dan pilih install zip from sdcard >> choose zip from sdcard. Browse ke lokasi di mana Anda menyimpan ROM AOSP tadi, pilih dan mengkonfirmasi instalasinya.
  10. Setelah Anda berhasil flash ROM, maka ikuti langkah-langkah yang sama sebelumnya untuk menginstal paket GAPPS
  11. Install SuperSU
  12. Ketika Anda telah menginstal semua file, boot telepon ke mode normal dengan memilih reboot system now. Perlu diingat bahwa boot pertama akan memakan waktu beberapa saat sebelum beban semua file baru berhasil di load.
  13. Untuk melihat berhasil atau tidaknya anda menginstal update Android 5.1 lollipop di nexus 4 anda maka Arahkan ke Settings >> About Phone, Disitu akan terlihat dengan jelas. 
  14. Catatan: bersihkan data jika Anda berasal dari ROM yang lainnya .

Demikianlah panduan langkah-langkah tutorial Cara Instal Update Android 5.1 Lollipop Ke Nexus 4 Dengan AOSP Rom. Semoga bermanfaat. ~ source